Ternyata bendungan terbesar di dunia itu bernama “three gorges dam”

2 06 2010

Penasaran dengan kata salah seorang dosen di kampusku, beliau mengatakan “ada bendungan terbesar yang di bangun di Cina menjadikan pasak-pasak penggunungan sebagai dinding penahan air, pembangunannya harus memindahkan 1,3 juta penduduk disana”, sungguh pemindahan penduduk terbesar terjadi pada Megaproyek itu.

Spesifikasi bendungan :

– panjang rentang bendungan 2.335 meter

– ketinggian bendungan mencapai 185 meter

– lebar bendungan bagian atas 40 meter sedangkan bagian bawah hampir tiga kalinya yaitu 115 meter

– panjang reservoir bendungan mencapai 600 km

– total kapasitas pembangkit listrik mencapai 22.500 MW yang dapat mensuplai listrik sekitar 84,7 TWh

– dana yang dibutuhkan sampai proyek ini tuntas adalah sebesar 22,5 milyar dolar Amerika.

Setelah searching sana sini saya mendapatkan sangat sedikit adanya kontra terhadap Megaproyek ini, terutama dari masyarakat Cina sendiri terkhusus pada para Petani disana, karena mereka memang benar-benar paham ini dibangun untuk bersama. Bayangkan 1.3 jt penduduk di pindahkan dan mereka masih juga mengerti. Semoga ini menjadi pelajaran bagi kita rakyat Indonesia yang selalu mempermasalahkan, mempersulit pembebasan lahan untuk pembangunan.

Rakyat Cina memang bukan masyarakat tanggung, mereka berdagang habis-habisan, mereka membangun dan semua terkejut, masih ingatkah kita pada tembok raksasa Cina itu!? ya begitulah.

Saya pribadi pernah membayangkan suatu saat ketika kebutuhan air meningkat terus menerus di negara kita Indonesia, maka kota Bandung lah menjadi sasaran berikutnya, karena perbedaan kata “Bandung” dan “Bendung” itu sangat dekat, hanya huruf “a” permasalahannya, jadi bersiap-siaplah, Piss!!^^’

Bukan karena itu, tapi mungkin karena Bandung dikelilingi penggunungan yang siap dijadikan dinding penahan air, Bandung juga memiliki air yang cukup bersih serta pertimbangan curah hujan yang cukup tinggi. Ini hanya prediksi saya seorang mahasiswa yang masih di bangku perkuliahan dan belum tahu apa-apa, maaf kalau sedikit “ngasal”. Yang terpenting marilah kita optimalkan penggunaan air, jangan boros dan buanglah sampah pada tempatnya.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: