Ketika bête di facebook

12 07 2009

Semakin sering anda mencoba menghindari penderitaan maka anda akan semakin menderita sebab sesuatu yang kecil dan remeh akan mulai menyiksa anda

(Thomas Merton).

Belum cukup ilmu saya untuk menjelaskan darimana pengolahan/revolusi kata bad mood menjadi bête itu terjadi, tapi sudahlah, karena kita semua tentu tahu apa maksud dari kata itu, begitu pula ketika rasa itu terbenam dalam diri ini.

Banyak para pengguna facebook yang setiap harinya terus meng-update statusnya dengan mengunakan kata tersebut, “lagi malez,, bête..bete,,bête”, “malming lagi, bête lagi,.”, “ehmm. . . bête ahh”, “ok.,,. Aku lagi bad mod”. Tapi saya pribadi mengira semua itu sungguh tidak penting, terlebih hal itu tidak boleh terjadi bahkan kata itu sudah sepatutnya dihapuskan saja dari kamus remaja gaul sekarang, karena makna  kata secara psikologi akan mengubah pikiran, semangat dan perasaan kita secara mendalam (lihat buku kokology karangan Tadahiko Nagao dan Isamu Saito serta buku karangan Dr. Emoto yang sangat spektakuler).

Tulisan ini dibuat untuk menghimbau para pengguna facebook terutama generasi muda yang memayoritasi layanan sejenisnya atau apapun. Karena menurut pengalaman pribadi saya, perasaan bête akan hadir dalam diri ketika tidak berbuat sesuatu yang bermanfaat, dan perasaaan itu akan terus tumbuh hingga mencapai apa yang dikenal dengan stress, depresi dll. Semuanya pasti setuju untuk mengusir perasaan ini, maka obatnya hanya satu, bukan yoga ataupun pelatihan-pelatihan meditasi lainnya, tapi lakukan sesuatu yang bermanfaat, sangat sederhana, untuk diri sendiri, kita dan untuk mereka.

Pernahkah kita merasakan ketenangan luar biasa yang timbul ketika menolong orang, atau ketika telah menyelesaikan tugas-tugas kuliah/sekolah?!. Mari kita pikirkan hal itu, jangan terlalu lama menggurung diri dalam layar maya kalau hanya cuma mengubah tampilan atau meng-update profil/statusmu, karena sekali lagi itu sangat tidak penting. Keluarlah dan lihat sekeliling, sekarang!!.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: