Kuatir

31 05 2009

“Akan datang suatu zaman di mana seseorang tidak mempedulikan dari mana ia mendapatkan harta, apakah dari sumber yang halal atau yang haram” (HR. Muslim).

Dalam beberapa pernyataannya, Rasulullah SAW menyampaikan rasa kuatirnya tentang keburukan-keburukan yang dilakukan umatnya di masa yang akan datang. Tentunya, masa yang akan datang di masa Rasulullah adalah saat ini. Bisa jadi, hari inilah keburukan-keburukan itu dilakukan oleh umatnya.

Di antaranya, pertama, tidak sedikit umatnya yang membaca al-Qur’an, namun mengabaikannya. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi, “Akan tiba suatu masa pada umat ketika orang membaca al-Qur’an namun hanya sebatas tenggorokannya saja” (HR. Muslim). Tidak banyak yang mempraktekkannya dalam perbuatan. Makanya al-Qur’an dikatakan hanya tinggal mushafnya.

Berikutnya, umatnya sudah mengidap penyakit-penyakit umat terdahulu. Nabi menyebutkan di antara penyakit-penyakit itu ialah terlalu banyak seronok, terlalu mewah, menghimpun harta sebanyak mungkin, tipu menipu dalam merebut harta benda dunia, saling memarahi, hasut-menghasut sehingga jadi zalim-menzalim” (HR. al-Hakim).

Selanjutnya, meskipun menyebut diri muslim, sebahagian umatnya sudah menjauh darinya. Masih banyak lagi yang disebutkan Rasulullah, namun yang terpenting bagi kita sebagai umatnya adalah mengawasi diri agar tidak terjerumus pada hal-hal yang dikuatirkan Rasulullah tersebut. Apalagi perbuatan-perbuatan buruk tersebut telah terbukti merajalela di sekeliling kita.

Jarjani Usman (http://www.serambinews.com/news/kuatir)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: